Jumat, 23 Januari 2015

Tari khas Pekalongan


Hai teman-teman!
kali ini kita akan bahas tentang Tari Batik Jlamprang.

tari batik jlamprang saat penurunan bendera 17 Agustus  2013 di Istana Negara

TARI BATIK JLAMPRANG 
Tari Batik Jlamprang  adalah tarian kelompok khas pekalongan yang mempunyai arti pada geraknya yaitu pekerja keras,rajin & tekun,pada komposisi geraknya menggambarkan rakyat pekalongan yang senang membatik serta untuk ajang memamerkan batik sebagai simbol Kota Pekalongan.Tari ini merupakan sebuah tari kreasi modern yang menggambarkan gadis- gadis asal Pekalongan yang sedang membatik.

SEJARAH
          Sebenarnya tari ini bukan diciptakan oleh orang pekalongan tapi dari Semarang,yang bernama Pak 
Yoyok Priambodo.Beliau membuat komposisi tari ini dengan 2 asistennya.Pertama-tama ,saat telah membuat komposisi tari ni ,beliau mengajarkannya pada anak didiknya di Sanggar Greget,namun beliau berpikir untuk mengajarkannya pada pelajar Pekalongan,karna Batik Jlamprang adalah batik khas Pekalongan.
         Akhirnya pada bulan Maret,beliau mengajarkan tari ini pada guru kesenian  di berbagai sekolah,agar nantinya guru-guru tersebut dapat mengajarkannya pada anak didiknya.Dan ternyata banyak pelajar Pekalongan yang sangat suka dengantari ini,dan menghafalkannya.karna pesatnya tari ini akhirnya banyak pertunjukkan dari yang terkecil ,misalnya pada kegiatan sekolah dan lain-lainny.Serta pertunjukkan tebesar misalnya:
1.Pertunjukkan pada malam puncak acara hari jadi Kota Pekalongan yang ke 107 di Lapangan        Jetaayu  yang ditarikan oleh 107 penari secara serempak. (termasuk aku *beneran)
2.Pertunjukkan Tari Batik Jlamprang di Istana Negara pada tanggal 17 agustus 2013 dalam rangka hari Kemerdekaan RI. pertunjukkan ini diadakan saat sebelum penurunan bendera di Istana Negara dan ditarikan oleh 350 penari
(dan aku termasuk penarinya :v *ini serius)
Karna banyaknya pertunjukkan yang diadakan,akhirnya Bapak Walikota,Bapak BASYIR meresmikan tari ini esbagai tarian khas Pekalongan.
Batik jlamprang seringkali dikaitkan dengan tari batik jlamprang. Penari berasal dari berbagai sekolah yang ada di Pekalongan. Gemulai gerakannya menggambarkan pembatik mencelupkan canting dan menulis pada kain yang sudah dipenuhi pola. 

Sesaat kemudian, gerakannya berubah saat ketukan gamelan berganti irama. Gerakan bersimpuh, lantas mengibaskan kain batik yang sedari tadi menggantung di lengan kiri. Penampilan tarian ini tidak berlangsung lama, karena waktu yang disediakan tidak lebih dari lima menit.

gerakan bersimpuh


tari batik jlamprang menggambarkan tentang pembatik yang sedang membuat batik tulis. Tarian itu biasanya dipentaskan secara kolosal dengan 250 orang penari.Penarinya sebagian besar siswa SMP, SMA, dan SMK di Kota Pekalongan. Tari itu pernah juga dimainkan di Istana Negara Jakarta di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, saat peringan Hari Kemerdekaan 17 Agustus tahun lalu. Tarian itu ditampilkan pada saat upacara penurunan Sang Saka Merah Putih. Penampilan tersebut menjadi pengalaman berharga karena mampu menunjukkan tari terbaik di hadapan Presiden SBY. 

sumber : http://viar279h.blogspot.com/ dengan diedit seperlunya

1 komentar:

  1. Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    BalasHapus